Kristologi ( resume)


Gelar Yesus Sebagai yang Sulung

( Tinjauan Biblis, berdasarkan tulisan Paulus )

Kita tahu bahwa  Gelar  yang diberikan pada Yesus sudah begitu banyak. Dalam tulisan ini  kami akan sedikit memberikan satu gagasan mengenai gelar Yesus yang disebut sebagai yang  Sulung. Gelar Yesus sebagai yang Sulung cukup berbeda dengan gelar-gelar lainya karena gelar ini tidak disampaikan secara historis sebagaimana gelar Mesias, Guru dll. Gelar yang Sulung ini tekanannya lebih pada tinjauan biblis karena hanya ada dalam PerjanjIan Baru  dan sebagIan kecil dari PerjanjIan Lama meskipun tidak secara langsung mengarah pada Yesus. Dalam kolose 1:18 dikatakan “Yang Sulung lebih utama dari segala yang diciptakan” yang Sulung dalam hal ini diartikan sebagai (prototokos) dan menjadi sangat penting sekali bagi konsep Kristus. Istilah prototokos  mengandung beberapa makna.

1.      Protokos bisa dan kerap kali digunakan dalam kerangka waktu, Sulung berarti, anak pertama dalam urutan ( lih. Kej 27: 19);  Esau adalah yang pertama. DemikIan juga Kel. 11:15 berbicara tentang anak Sulung yang akan kena tulah.  Dalam arti ini bisa saja Yesus disebut anak pertama/Sulung Maria ( bdk. Luk 2:7 ). Jika pernyataan Paulus itu dilepaskan dari hubungan pemikiranya yang lain, maka pernyataan itu berarti bahwa Yesus adalah yang pertama dalam ciptaan. Jika Ia adalah “ yang Sulung”, apakah ada suatu dimana Ia belum lahir? Istilah yang Sulung didapatkan beberapa kali dalam Perjanjian Baru. Istilah ini digunakan dalam pengertian umum dua kali, untuk mengacu pada anak pertama yang dilahirkan oleh perempuan (Luk 2:7; Ibr 11:28). Dari pengertian yang”alamiah” ini didapatkan  pengunaan kiasan pada “yang Sulung” merupakakan “tanda yang pertama” dari banyak lainnya yang akan mengikuti. Yesus yang dibangkitkan, merupakan” yang Sulung” dari antara orang mati, karena orang Kristen juga akan dibangkitkan, dari kematian. Ia juga merupakan “yang Sulung dari banyak saudara” dalam tatanan Allah yang baru, karena orang Kristen adalah gambaran dari Anak Allah. sebagai gambaran Kristus, tanpa mengacu pada sesuatu atau seseorang lain, “ yang Sulung” digunakan dalam Ibr 1:6. Disini seperti dalam teks kita, istilah ini menjadi gelar Yesus sebagi yang Sulung.

2.      Bisa juga istilah ini  diartikan active, bukan passive. Tetapi ini kurang biasa, dan tidak  dipakai demikian dalam PerjanjIan Baru. Artinya lalu bukan  yang pertama  dilakukan, melainkan yang pertama mengerjakan. Yesus lalu berarti yang pertama  mengerjakan segalanya. Primus auctor ciptaan. Meski secara teoritis mungkin, tetapi bukan dalam  arti itu yang tampil dalam tulisan Paulus. Dalam sumber lain, Paulus  dalam hal ini menunjukan bahwa Yesus itu bukan ciptaan tetapi Allah sendiri.

3.      Ada anggapan lain yang menyebut Yesus sebagai yang Sulung, karena Ia adalah ide yang sempurna Allah. Ia menjadi tipe dari segala ciptaan. Gagasan yang melatarbelakangi tafsiran tersebut Ialah pikiran Plato bahwa ada contoh- contoh sempurna di alam ilahi, sehingga yang ada di dunia hanyalah emanasi tipe yang sempurna itu. Dalam arti ini Yesus adalah model ciptaan. Ciptaan seharusnya seperti itu. Masksud Allah memang menciptakan seperti Yesus adanya. Ini ide yang bagus tetapi bukan ide PerjanjIan Baru sebagaimana yang Paulus anut.

4.      Salah satu penafsiran lain yang yang pantas diperhatikan Ialah penafsiran prototokos yang tidak dikaitkan dengan waktu, melainkan dengan mutu. Lalu berarti utama dalam peranan, utama dalam kedudukan.  Penggunaan ini lajim dalam PerjanjIan Lama. Dalam kitab Ayub kita mendengar bagaimana tokoh buku berbicara  dengan Bildad dan menyatakan” kulit tubuhnya dimakan penyakit, bahkan anggota tubuhnya dimakan anak Sulung maut”. Dalam bahasa IndonesIa ini diterjemahkan dengan tepat yaitu sebagai sakit parah.  Dalam arti ini yang mau ditekakan adalah arti anak Sulung yang dikenakan pada Yesus, mau menunjukan kedudukan Yesus, peranannya dan keagungan-Nya. Allah mengangkat-Nya di atas segala ciptaan dan memberinya peranan utama. Soal yang muncul berikutnya bagaimana gelar ini bisa dikenakan pada orang tersalib itu, dan baru berusia kurang lebih 30 tahun? Mengapa peranan dan kedudukan-Nya begitu utama? Maka hal ini bisa dijawab:
·         Pertama : karena gelar “ Sulung” adalah gelar mesianis, menunjuk mutu Mesias. Hal ini mendapat  dukungan dalam PerjanjIan Lama ( Kel 4:22) yang menyebut Israel sebagai” anak Sulung” karena pilihan Allah. Efraim adalah anak Sulung ( Yer 31:9); dan orang tulus disebut juga “Sulung” (Mzm 89:28). Gelar ini adalah gelar mesianah. Dan kerena gelar mesianah itulah  Gereja perdana mengenakan kepada Yesus orang pilihan Allah, Kristus, Mesias
·         Kedua kalau Yesus digambarkan sebagai firman, maka firman itu erat hubungannya dengan ciptaan. Firman Allah mencipta ( Kej1:1-: Yoh 1:1-15). Firman dikaitkan bukan dengan “ada”nya sesuatu, melainkan dengan penyelengaraan seluruhnya. Yesus dikaitkan dengan seluruh ciptaan, dan berperan di situ karena Ia adalah Firman Ilahi.
·         Ketiga, juga kalau Yesus dilukiskan sebagai kebijaksanaan, mau tidak mau hubungan dengan  ciptaan menjadi erat sekali. Kebijakan itu berada bersama Allah sejak semula, sebagai penasehat dan arsitek seluruh ciptaan.  Yesus memang memiliki sejarah keselamatan Allah, dan peranan itulah yang menyebabkan Ia digelari  Mesias, karena kebangkitanya.
Gelar yang Sulung didasarkan  karena Ia adalah yang Sulung dari ciptaan, karena Ia adalah yang Sulung dari antara orang mati, disinilah mutu pribadi Yesus  menjadi utama, tak ada bandingannya.  Dengan peranan inilah  maka ditegaskan bahwa baik dalam penciptaan maupun keselamatan Yesus punya kedudukan yang utama.


Untuk mengetahui lebih jelas mengenai yang Sulung dari PerjanjIan Lama dan Baru berikut kami berikan  kata-kata yang Sulung yang berada  dalam PerjanjIan Lama dan baru sebagai pembanding:


·         KejadIan 43:33  Saudara-saudaranya itu duduk di depan Yusuf, dari yang Sulung sampai yang bungsu, sehingga mereka berpandang-pandangan dengan heran.
·         KejadIan 44:12  Dan kepala rumah itu memeriksanya dengan teliti; Ia mulai dengan yang Sulung sampai kepada yang bungsu; maka kedapatanlah pIala itu dalam karung Benyamin.
·         KejadIan 48:14  Tetapi Israel mengulurkan tangan kanannya dan meletakkannya di atas kepala Efraim, walaupun Ia yang bungsu, dan tangan kirinya di atas kepala Manasye—jadi tangannya bersilang, walaupun Manasye yang Sulung.
·         KejadIan 48:18  Katanya kepada ayahnya: "Janganlah demikIan, ayahku, sebab inilah yang Sulung, letakkanlah tangan kananmu ke atas kepalanya."
·         Keluaran 4:22  Maka engkau harus berkata kepada Firaun: Beginilah firman TUHAN: Israel Ialah anak-Ku, anak-Ku yang Sulung;
·         Keluaran 4:23  sebab itu Aku berfirman kepadamu: BIarkanlah anak-Ku itu pergi, supaya Ia beribadah kepada-Ku; tetapi jika engkau menolak membIarkannya pergi, maka Aku akan membunuh anakmu, anakmu yang Sulung."
·         Keluaran 13:12  maka haruslah kaupersembahkan bagi TUHAN segala yang lahir terdahulu dari kandungan; juga setIap kali ada hewan yang kaupunyai beranak pertama kali, anak jantan yang Sulung adalah bagi TUHAN.
·         Keluaran 22:29  Janganlah lalai mempersembahkan hasil gandummu dan hasil anggurmu. Yang Sulung dari anak-anakmu lelaki haruslah kaupersembahkan kepada-Ku.
·         Keluaran 34:20  Tetapi anak yang lahir terdahulu dari keledai haruslah kautebus dengan seekor domba; jika tidak kautebus, haruslah kaupatahkan batang lehernya. SetIap yang Sulung dari antara anak-anakmu haruslah kautebus, dan janganlah orang menghadap ke hadirat-Ku dengan tangan hampa.
·         Bilangan 3:2  Nama anak-anak Harun, Ialah: yang Sulung Nadab, kemudIan Abihu, Eleazar dan Itamar.
·         Ulangan 21:17  Tetapi Ia harus mengakui anak yang Sulung, anak dari isteri yang tidak dicintai itu, dengan memberikan kepadanya dua bagIan dari segala kepunyaannya, sebab dIalah kegagahannya yang pertama-tama: dIalah yang empunya hak keSulungan."
·         Yosua 6:26  Pada waktu itu bersumpahlah Yosua, katanya: "Terkutuklah di hadapan TUHAN orang yang bangkit untuk membangun kembali kota Yerikho ini; dengan membayarkan nyawa anaknya yang Sulung Ia akan meletakkan dasar kota itu dan dengan membayarkan nyawa anaknya yang bungsu Ia akan memasang pintu gerbangnya!"
·         1 Samuel 8:2  Nama anaknya yang Sulung Ialah Yoel, dan nama anaknya yang kedua Ialah AbIa; keduanya menjadi hakim di Bersyeba.
·         1 Raja-raja 16:34  Pada zamannya itu Hiel, orang Betel, membangun kembali Yerikho. Dengan membayarkan nyawa Abiram, anaknya yang Sulung, Ia meletakkan dasar kota itu, dan dengan membayarkan nyawa Segub, anaknya yang bungsu, Ia memasang pintu gerbangnya, sesuai dengan firman TUHAN yang diucapkan-Nya dengan perantaraan Yosua bin Nun.
·         2 Raja-raja 3:27  KemudIan Ia mengambil anaknya yang Sulung yang akan menjadi raja menggantikan dIa, lalu mempersembahkannya sebagai korban bakaran di atas pagar tembok. Tetapi kegusaran besar menimpa orang Israel, sehingga mereka berangkat meninggalkan dIa dan pulang ke negeri mereka.
·         1 Tawarikh 9:5  Dan dari orang Syela Ialah Asaya, anak yang Sulung, dengan anak-anaknya.
·         Ayub 1:13  Pada suatu hari, ketika anak-anaknya yang lelaki dan yang perempuan makan-makan dan minum anggur di rumah saudara mereka yang Sulung,
·         Ayub 1:18  Sementara orang itu berbicara, datanglah orang lain dan berkata: "Anak-anak tuan yang lelaki dan yang perempuan sedang makan-makan dan minum anggur di rumah saudara mereka yang Sulung,
·         Matius 21:28  "Tetapi apakah pendapatmu tentang ini: Seorang mempunyai dua anak laki-laki. Ia pergi kepada anak yang Sulung dan berkata: Anakku, pergi dan bekerjalah hari ini dalam kebun anggur.
·         Lukas 2:7  dan Ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang Sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.
·         Lukas 15:25  Tetapi anaknya yang Sulung berada di ladang dan ketika Ia pulang dan dekat ke rumah, Ia mendengar bunyi seruling dan nyanyIan tari-tarIan.
·         Roma 8:29  Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang Sulung di antara banyak saudara.
·         1 Korintus 15:20  Tetapi yang benar Ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang Sulung dari orang-orang yang telah meninggal.
·         Kolose 1:15  Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang Sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,
·         Kolose 1:18  Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang Sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.
·         Ibrani 1:6  Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang Sulung ke dunIa, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah DIa."
·          

Diambil dari sua sumber
Ø  S.t Darmawijaya Pr. Gelar-gelar Yesus, Yogyakarta: Kanisius.1989
Ø  http://www.sarapanpagi.org/ Yesus Kristus-Yang Sulung akses tgl 23 Nov 2007

Comments

Popular posts from this blog

IBADAT TUGURAN KAMIS PUTIH DENGAN NYANYIAN TAIZE

BERBAGI TAK PERNAH RUGI

Sejarah Filsafat dan Pemikiran Plato